Tuesday, July 9, 2013

Hematnya Tarif Baru Commuter Line JaBoDeTaBek

Setelah berjalan 10 hari mulai dari 1 juli 2013 (jadi ingat sekarang tanggal 10 hihi) menggunakan tarif baru commuter line Jabodetabek ternyata benar benar menghemat pengeluaran. Tarif bulan Juni 2013 antara Manggarai - Bekasi yang sebelumnya 8500 sekarang hanya 2500. Sementara tarif Depok sampai bekasi yang sebelumnya 8000 ditambah 8500 total 16500 sekarang hanya 4500 (koreksi ya kalau salah).

Namun ada dampak negatif lain karena murahnya tarif angkutan kereta AC Jabodetabek tersebut. Banyak pengguna kereta ekonomi yang beralih menggunakan kereta ber AC tersebut. Banyak juga penumpang baru yang beralih dari kendaraan pribadi seperti mobil dan motor beralih menggunakan Commuter Line Jabodetabek. Tempat parkir yang dipersiapkan (diantaranya sampai menggusur pedagang sekitar stasiun) PT KAI terlihat penuh akhir akhir.

Semakin murah dan makin maraknya penggunaan moda transportasi masal tersebut semoga tidak mengurangi kenyamaan angkutan umum yang mulai trend di Ibu Kota, sehingga para penumpang kereta tidak kapok menggunakannya setiap hari.

No comments:

Post a Comment